Notification

×

Iklan

Iklan

Hati-hati Menggunakan Media Sosial, Bisa Abaikan Orang Terdekat

Sabtu, 05 Agustus 2023 | Agustus 05, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-06T02:02:17Z
Anak diabaikan karena Gadget dan media sosial, Taputardotcom, viral, trending, terhangat, terkini
Anak Bisa Diabaikan, saat menggunakan gadget secara berlebihan


Taputardotcom - Di era kehidupan yang semakin modern seperti saat ini, merupakan hal yang tidak bisa kita hindari adalah perkembangan informasi dan teknologi, terutama gadget dan media sosial. Mengabaikan orang terdekat bisa saja terjadi saat kita kurang bijak menggunakannya.

Perkembangan teknologi dan informasi juga secara langsung membawa berbagai kemajuan dalam hal komunikasi dan interaksi antara sesama terutama secara online. Hal ini tidak bisa dihindari karena era ini sudah sangat terbuka secara digital.


Kita berada pada kehidupan modern yang sangat luar biasa perkembangannya, mulai dari startup dan berbagai aplikasi media sosial yang sangat populer dengan pengaruhnya. Hal ini perlu menjadi perhatian semua orang agar kitabtidak terhindar dari berbagai dampak negatif.


Dalam kondisi seperti ini, kita tidak boleh lengah dengan keadaan yang semakin menyusup dalam realita hidup. Jika kita tidak serius dalam menanggapi perkembangan teknologi dengan cermat maka aspek-aspek penting dalam kehidupan kita akan semakin tergerus dan akan membahayakan kehidupan kita di masa mendatang.


Media Sosial dan Pengaruhnya


Sebut media sosial disaat sekarang, hanya sebagian kecil saja yang tidak mengerti dan memahaminya. Hampir semua orang mengenal dan memahami apa itu media sosial.


Berada pada era modern ini tentu kita mengenal media sosial tidak hanya dari pemberitaan media atau surat kabar online saja , namun dari orang-orang yang ada disekitar kita juga membicarakan media sosial.


Media sosial sudah menjadi bagian yang sangat sulit untuk dipisahkan dari kehidupan kita, terutama kaum remaja dan milenial dalam seluruh aktivitas sehari-hari.


Pengaruh Positif Media Sosial


Pada satu sisi, media sosial memang sengaja diciptakan untuk membantu dan mempermudah kehidupan manusia yang sebelumnya memiliki keterbatasan jarak dan waktu serta instensitas dalam berinteraksi. 


Melalui media sosial, semua orang bisa mengekspresikan apa yang sebenarnya terjadi dalam kehidupan sehari-hari dengan berbagai cara dan ekspresi yang sebelumnya sulit dilakukan atau dinyatakan dalam kehidupan nyata.


Media sosial membuat hal-hal yang sulit diungkapkan dengan kata-kata menjadi bisa dipahami melalui ekspresi dan berbagai emoji atau reaksi yang mengungkapkan perasaan.


Karena setiap teknologi yang masuk dalam fase kehidupan manusia memiliki satu tujuan utama, yaitu mempermudah manusia itu sendiri untuk mencapai tingkat ekpresi yang maksimal dalam hidup.


Menggunakan media sosial dengan dengan baik akan membawa banyak manfaat dalam kehidupan. Hal ini tergantung dari setiap orang, bagaimana cara menggunakannya.


Namun perlu diingat bahwa walaupun media sosial adalah hal yang bebas untuk digunakan, namun tidak sebebas-bebasnya kita menggunakan media sosial untuk hal-hal yang tidak sesuai norma atau aturan yang berlaku.


Supaya bisa menggunakan media sosial dengan baik, kita perlu mengetahui aturan yang berlaku yang mengatur perilaku dalam menggunakan media sosial. Diatur dalam UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik atau yang biasa dikenal dengan UU ITE.


Jadi, UU ITE ini mengatur berbagai perlindungan hukum atas kegiatan yang memanfaatkan internet sebagau media, baik saat melakukan transaksi maupun pemanfaatan informasinya.


Cara melindungi diri dari hal-hal-hal yang tidak diinginkan ketika menggunakan media sosial ?


Perlu diingat kembali bahwa media sosial dibuat untuk membantu dan mempermudah hidup dalam berinteraksi, namun selain ada manfaat atau pengaruh positif saat menggunakan media sosial, ada banyak hal negatif yang bisa saja terjadi saat menggunakannya.

Perhatikan Pengaruh menggunakan media sosial berikut ini :


Pengaruh Negatif Media Sosial


Hal negatif yang bisa saja terjadi saat menggunakan media sosial adalah sebagai berikut :

  • Kehilangan Waktu Berkualitas Dengan Keluarga

Seperti pengalaman beberapa orang yang mengeluhkan waktu yang sangat banyak tersita ketika menggunakan media sosial. Mereka terkadang tidak memiliki waktu berinteraksi langsung dengan keluarga mereka sendiri padahal berada dalam rumah atau tempat tinggal yang sama.


Banyak hal yang terjadi ketika menggunakan media sosial secara berlebihan. Terkadang anak sulit mendapatkan tanggapan dari orang tua ketika anak bertanya atau berbicara, karena orang tua sibuk dan fokus pada gadget dan media sosial. Akibatnya anak merasa kehilangan perhatian.


Orang tua tidak tahu anak sedang melakukan apa atau pergi kemana, anak dalam keadaan baik-baik saja atau sedang mengalami sesuatu, karena mereka sedang berinteraksi dengan sesuatu yang sangat serius dan merasa terlibat didalam media sosial itu sendiri.


Hal ini membuat banyak hal yang terlewati dalam keluarga atau rumah tangga tanpa mereka mengetahui secara pasti, karena mereka sibuk berinteraksi dengan orang-orang yang jauh dan mengabaikan yang ada di sisi mereka.


Ketika tejadi hal-hal yang buruk pada anggota keluarga atau orang-orang terdekat, namun sulit dilacak atau diketahui penyebabnya karena fokus menggunakan media sosial yang berlebihan.


Banyak kejadian akibat menggunakan media sosial yang berlebihan, akhirnya menyita seluruh waktu seseorang. Baik itu waktu untuk istirahat maupun waktu untuk hal lain yang penting.


Beberapa orang merasa baru saja bangun tidur pagi namun tanpa disadari waktu berhenti menggunakan media sosial ternyata sudah waktunya rehat malam hari lagi.


Mereka baru saja mempertanyakan apa saja yang telah terjadi ketika waktu seharian yang mereka lewati, semua hal itu tidak satupun mereka mengetahuinya.

 

  • Timbul Berbagai Masalah dan Penyakit

Karena kurangnya waktu untuk istitahat, tentu juga dengan waktu untuk makan dan minum akan tidak lagi teratur. Hal ini akan secara langsung berpengaruh kepada kesehatan. 


Disamping itu, juga kurangnya waktu yang berkualitas untuk bersantai atau relax, membuat kondisi kesehatan seseorang dapat diserang berbagai penyakit.


Tips Melindungi Diri Dari Pengaruh Media Sosial


1. Menggunakan media sosial hanya sesuai kebutuhan saja

2. Menjaga sikap dan etika pada saat berinteraksi dengan pengguna lain

3. Menyaring setiap Inforrmasi yang didapat dari media sosial

4. Menghindari informasi-informasi negatif atau provokatif dari akun-akun tertentu.

5. Maksimalkan media sosial untuk hal-hal yang bermanfaat saja.


Itulah beberapa tips ampuh menggunakan media sosial dengan bijak agar terhindar dari hal-hal negatif. Dengan menggunakan media sosial dengan bijak kita kamu akan mendapatkan pengalaman yang positif pula dalam berinteraksi secara daring.


Mari kita bersama-sama bangun bangun lingkungan media sosial yang lebih sehat dan menyenangkan bagi semua orang.

×
Berita Terbaru Update