Notification

×

Iklan

Iklan

Sandiaga Uno Terkesan Dengan Pelestarian Kampoeng Heritage Kajoetangan

Kamis, 27 April 2023 | April 27, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T16:41:22Z
Sadiaga uno, kajoetangan heritage, Taputardotcom, viral, trending, terhangat, terkini
Foto : Sandiaga Uno - Kampoeng Heritage Kajoetangan


Taputardotcom - Untuk mendorong pemulihan ekonomi dan menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru pada tahun 2023, mengembangkan desa wisata dan Desa Cagar Budaya Kajoentanga Jawa Timur yang masuk 75 besar dalam ADWI 2023.


Sandiaga Uno atau Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Direktur Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melanjutkan kunjungannya ke 75 desa wisata dalam rangkaian  Indonesia Tourism Awards 2023 dengan mengunjungi Kampung Wisata Kampoeng Heritage Kajoetangan di Malang, Jawa Timur pada  Minggu (2/4/23).


Dalam kunjungannya, Sandiaga Uno terkesan dengan pelestarian Kampoeng Heritage Kajoetangan yang sudah ada sejak abad ke-13. Kampoeng Heritage Kajoetangan merupakan sebuah desa wisata bertema yang mengusung konsep suasana tempo dulu.


Kawasan pemukiman yang didiami oleh warga sekitar ini tidak hanya menjadi pemandangan untuk dilihat, namun akhirnya dijadikan sebagai tempat wisata. “Saya sangat terkesan dengan Desa Wisata Kajoetangan Heritage Village.


Masuknya Kajoetangan Heritage Village ke dalam 75 besar desa wisata diharapkan membawa berkah dan menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja yang luas bagi masyarakat.


Untuk menggerakkan ekonomi masyarakat lebih banyak lagi," kata Sandiaga Uno. Memasuki Desa Kajoetangan yang berada di tengah kota Malang, suasana kota tua langsung terasa, lokasi tempat ini tidak jauh dari alun-alun dan Balai Kota  Malang.


Terdapat deretan rumah-rumah dengan arsitektur kolonial Belanda beserta furniture-furnitur yang biasa dijadikan spot foto para pengunjung  tempat ini.


Sandiaga Uno atau biasa dipanggil Sandi Uno bersama Wali Kota Malang Sutiaji beserta jajaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Direktur Tata Usaha Indra Ni Tua kemudian berkeliling Desa Cagar Budaya dan mengunjungi beberapa objek wisata seperti Pasar Talun, Rumah Produksi Ontbijtkoek, Rumah Mbah Ndut hingga Makam Mbah Hinggo.


Kampung Kajoetangan  juga memiliki banyak aktivitas menarik yang bisa dicoba oleh  pengunjung tempat ini. Mulai dari sungai kecil yang membelah jalan ala Venezia, Italia dan Mergi Lepen, tempat foto Instagram, dengan mural permainan anak-anak (lompat tali dan lompat tali), pagelaran musik keroncong dan kenangan belajar membatik.  

 

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan,  masuknya Kampung Kajoetangan ke dalam desa wisata  ADWI 2023 dapat menambah nilai  penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru pada 2023.  


Menparekraf Sandiaga Uno mengajak pihak swasta yakni Dulux sebagai mitra strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk membuat dinding Kampung Kajoetangan lebih berwarna dan dihiasi mural.


Ria Marfiana, Professional Brand and Sustainability Manager PT ICI Paints Indonesia (Dulux), mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga Uno Menparekraf yang telah memberikan kesempatan kepada Dulux untuk kembali bekerja sama. Karena program ADWI 2023 sejalan dengan misi Dulax untuk membangun manusia, planet, dan memberi warna di mana pun di Indonesia.  


Ria juga mengatakan, “Karena Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberikan instruksi, kita harus bergerak cepat, langkah selanjutnya adalah  berkoordinasi dengan kepala desa, tentu melakukan survei dan menghitung kebutuhan di desa ini. Jika sudah siap, kami akan segera memulainya."


Hudiyono selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur mengatakan bahwa ini akan menjadi momentum yang baik untuk menciptakan dan meningkatkan kesejahteraan penduduk kota Malang dari industri pariwisata.  Hudiyono juga menyampaikan, “Selamat dan sukses kepada seluruh warga yang hari ini bergotong royong mewujudkan Pundi-pundi Investasi Kota Malang”.

×
Berita Terbaru Update