Notification

×

Iklan

Iklan

11 Tips Aman Berwisata Yang Perlu Diketahui

Jumat, 12 Mei 2023 | Mei 12, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T16:38:47Z
Tips Berwisata, Taputardotcom, viral, trending, terhangat, terkini
Gambar Rencana Liburan - istockphoto


Taputardotcom -Bicara soal liburan tentu menjadi hal yang menyenangkan bagi setiap orang. Karena berlibur merupakan waktu yang tepat untuk melepas semua penat dan kesibukan selama rutin bekerja atau beraktifitas.


Salah satu tips hidup yang memiliki kualitas adalah menikmati waktu-waktu santai yang berkualitas pada saat liburan atau berwisata. Berlibur memang lebih asyik jika dilakukan bersama orang-orang terdekat, keluarga atau teman-teman yang juga memiliki niat berlibur yang sama.


Kesempatan berlibur merupakan hal yang jarang ada bagi mereka yang memiliki kesibukan yang padat bukan ? Sehingga merencanakan dengan matang untuk liburan adalah hal yang perlu dilakukan, dan harapannya adalah jangan sampai gagal atau mengalami kendala.


Tips berlibur atau berwisata yang aman dan lancar  :


Agar momen berlibur tidak mengalami kendala dan berjalan sesuai rencana, maka kami punya beberapa tips yang mungkin bisa jadi penduan bagi kamu yang merencanakan liburan nanti.


Tentukan Destinasi Wisata / Atau Pilih Daerah Tujuan Wisata


Caritahu melalui berbagai sumber terpercaya soal tempat tujuan wisata yang akan kamu datangi. Ini adalah hal utama yang perlu kamu lakukan, karena tanpa mengetahui dengan jelas destinasi wisata maka akan menjadi kendala saat berada ditempat tujuan.


Caritahu Harga Tiket Tempat Wisata dan Juga Penginapan


Agar lebih leluasa menikmati liburan atau saat berwisata, sebaiknya kamu sudah mendapatkan informasi terbaru soal harga tiket dan biaya-biaya lain di semua tempat tujuan wisata yang akan kamu tuju.


Jika memungkinkan untuk mendapatkan harga yang lebih murah saat kamu tiba di tempat tujuan wisata, ada baiknya kamu memesan atau booking terlebih dahulu penginapan yang jika kamu menginap seperti Traveloka dan lain-lain yang sudah menyiapkan paket penginapan dan transportasi selama di tempat tujuan wisata. 


Hal ini dilakukan selain untuk mendapatkan biaya yang lebih murah atau promo tertentu, juga menjadi patokan untuk seluruh kebutuhan lain yang akan kamu keluarkan saat berwisata. Sehingga bisa menghemat biaya-biaya yang tidak terlalu penting nantinya.



Siapkan Budget Khusus Untuk Keadaan Darurat Atau Kebutuhan Tak Terduga


Ini adalah hal yang seringkali tidak diperhatikan saat melakukan liburan atau berwisata. Kehabisan budget adalah hal yang tidak boleh terjadibpada saat berwisata. Sehingga perlunya mempersiapkan sebuah liburan dengan matang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan termasuk budget.


Liburan Bersama Lebih Aman Dan Menyenangkan


Selain menyenangkan, liburan bersama orang lain atau orang terdekat jauh lebih baik. Bisa berfoto secara bersama-sama atau menikmati hal yang indah disaat liburan, sahabat atau kerabat yang ada pada saat liburan bisa menjadi solusi atau sumber bantuan paling pertama jika terjadi masalah atau kendala di tempat kamu berwisata.


Siapkan Biaya Transportasi atau Biaya Saat Wisata


Selain Budget untuk hal darurat yang perlu dipersiapkan saat berwisata, hal utama yang wajib kamu siapkan adalah biaya transportasi. Harus dihitung dengan baik untuk kebutuhan ini, karena jika liburan kamu melibatkan banyak orang yang harus menggunakan transportasi yang banyak seatnya, maka ini harus diperhitungkan dengan baik agar ketika tiba di tempat tujuan kamu repot dan jadi masalah baru.


Dapatkan Kontak Atau Nomor Telepon Penting Daerah Tujuan Wisata


Sebelum sampai ke tempat tujuan wisata, hal penting lain yang perlu diketahui adalah kontak atau nomor telepon penting daerah dimana kita berwisata. Hal ini sangat membantu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di tempat wisata. Saat ini tidak susah untuk mendapatkan informasi soal nomor telepon dan alamat, bisa melalui google atau media sosial.


Dapatkan Informasi Budaya dan Kebiasaan Masyarakat Tempat Tujuan Wisata


Kamu harus bisa memposisikan diri sebagai seorang asing saat berwisata. Sehingga mengetahui adat dan budaya tempat kamu akan berwisata akan memudahkan kamu dalam berinteraksi dengan masyarakat lokal atau masyarakat di tempat tujuan wisata yang tidak sepenuhnya kamu kenal. Hal ini membantu kamu untuk bisa mengeksplore tempat baru dengan lebih gampang tanpa hambatan.


Selalu Bawa Alat Komunikasi atau Smartphone


Agar liburan atau berwisata menjadi lebih hidup dan terdokumentasi, sebaiknya kamu menyiapkan perlengkapan alat komunikasi dan gadget lain yang bisa kamu gunakan untuk sarana komunikasi maupun untuk dokumentasi. 


Kamu akan tetap terhubung dan selalu update dengan hal-hal terbaru disaat perjalanan wisata. Berbagai informasi penting serta mendapatkan kemudahan dengan perangkat elektronik yang kamu bawa. Siapkan juga alat pengisian daya untuk perangkat elektronik darurat disaat kamu dalam perjalanan, sehingga tidak menghambat komunikasi dan hal lain yang tidak diinginkan.


Siapkan Uang Cash atau Alat pembayaran Lain Yang Bisa dipakai di Tempat Tujuan Wisata


Dengan menyiapkan uang cash atau alat pembayaran yang sesuai dengan daerah atau negara yang kamu tuju, akan mempermudah kamu untuk membayar atau membeli sesuatu dengan lebih muda.


Jika ditempat yang kamu tuju hanya menerima pembayaran secara cash maka setidaknya kamu sudah memiliki cadangan uang yang cukup untuk bertransaksi. 


Namun di tempat tujuan tidak menerima pembayaran secara cash, maka kamu juga sudah menyiapkan alat pembayaran lain dari jauh-jauh hari sebelum sampai di tempat tujuan wisata.


Selalu Jaga Lingkungan Yang Bersih


Dalam berwisata, sudah pasti kita menggunakan berbagai peralatan sekali pakai untuk makan atau minum dan lainnya, sehingga akan menjadi lebih baik jika kita menjaga kebersihan di tempat-tempat wisata saat kita berkunjung dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat.


Hal ini juga menjadi edukasi penting bagi wisatawan lain yang juga ada ditempat dimana kita berwisata untuk menjaga lingkungan yang bersih dan tertib.


Bawa Barang Bawaan Seperlunya


Agar tidak merepotkan dengan barang bawaan yang terlalu banyak, sebaiknya bawa barang yang seperlunya saja agar tidak menyusahkan diri sendiri dan orang lain.


Itulah 11 tips paling aman dan menyenangkan saat berwisata. Jangan lupa selalu jaga kesehatan dan tubuh yang fit agar liburan kamu jadi asyik pebuh makna.

×
Berita Terbaru Update