Notification

×

Iklan

Iklan

Indonesia Kaya Budaya, Upacara Kebo-Keboan di Desa Alasmalang Banyuwangi

Selasa, 23 Mei 2023 | Mei 23, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T16:34:55Z
Wisata Banyuwangi, Kebo-keboan, Taputardotcom, viral, trending, terhangat, terkini
Kebo-Keboan Banyuwangi


Taputardotcom - Tidak hanya wisata gunung, pantai, air terjun dan wisata kuliner. Indonesia kaya akan budaya. Bicara soal budaya dan adat, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki budaya. Ada yang sudah dimodifikasi, ada juga yang masih murni terjaga kelestariannya.

Salah satu daerah di Indoneaia yang kaya dengan budaya dan upacara adat yakni Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur. Tidak hanya Bali yang memiliki banyak upacara adat, Banyuwangi juga memiliki banyak sekali upacara adat yang diadakan setiap tahunnya.

Contohnya pada bulan Suro, dalam penanggalan Jawa, di Desa Alas Malang, acara Kebo-Keboan dilakukan sebagai rasa syukur kepada Allah SWT, atas hasil panen yang melimpah, sekaligus sebagai doa agar proses tanam benih untuk tahun berikutnya dapat menghasilkan panen yang melimpah.

Mungkin kalian pernah dengar atau menonton secara langsung upacara adat Kebo-Keboan ini, jika sudah maka kalian pasti tahu apa saja yang diadakan pada acara ini.

Bagi kalian yang belum pernah tahu dan melihat langsung acara ini, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Sejarah Kebo-Keboan 


Upacara adat Kebo-Keboan merupakan warisan dari leluhur dusun Krajan desa Alasmalang yaitu Buyut Karti yang hidup di masa penjajahan Belanda sekitar 1725. Ritual ini pertama kali di lakukan ketika desa Alasmalang mengalami musibah wabah penyakit dan gagal panen.


Kebo-Keboan Banyuwangi, taputardotcom
Kebo-Keboan Banyuwangi (Manusia pakai tanduk kerbau)


Kebo-Keboan merupakan salah satu upacara adat yang masih dilestarikan desa Aliyan dan desa Alasmalang. Upacara Kebo-Keboan dilakukan dengan cara manusia yang berdandan seperti kerbau lengkap dengan tanduk kerbau asli.


Dalam acara ini kerbau dijadikan simbol sebagai kekuatan yang dimiliki oleh para petani untuk membantu mereka dalam bertani. Kerbau memang merupakan binatang yang lekat dengan kehidupan agraris. Bahkan di berbagai wilayah di Indonesia, kerbau menjadi binatang penting dalam setiap ritual adat.


Manusia Kerbau, taputardotcom
Kebo-Keboan Banyuwangi


Tujuan dan fungsi dari upacara Kebo-Keboan di desa Aliyan dan desa Alasmalang sama. Yang membedakannya adalah Di desa Aliyan semua acara ritual yang dilakukan dalam upacara Kebo-Keboan dilakukan sesuai aturan adat yang sesungguhnya, sedangkan di desa Alasmalang merupakan upacara Kebo-keboan tiruan yang dilakukan untuk tujuan pariwisata.


Kebo-Keboan di Perankan Oleh Petani dan Masyarakat.


Meskipun tradisi ini bernama Kebo-Keboan tapi tidak menggunakan kerbau sungguhan loh, melainkan kerbau tiruan yang di perankan oleh para petani dan warga.

Jumlah Kebo-Keboan dalam tradisi ini kurang lebih 18 orang. Orang yang memerankan kerbau akan bertingkah seperti kerbau yang ada di sawah.

Urutan Acara Kebo-Keboan 


Tahap pertama
Pada tahap pertama pemasangan umbul-umbul di sepanjang jalan desa sebagai pertanda akan di laksanakan acara Kebo-Keboan. Selain memasang umbul-umbul warga juga mendirikan gapura yang terbuat dari bambu sebagai pertanda pintu masuk akan di selenggarakan upacara adat. Masyarakat memberi nama gapura tersebut dengan istilah Lawang Kori atau Pura Bungkil.

Tahap Kedua
Warga membuat Kubangan. Sisi kubangan di sesuaikan dengan posisi arak-arakan Ider Bumi, makna kubangan melambangkan tempat persemaian padi tumbuh.

Tahap Ketiga
Membuat gunungan hasil bumi diisi oleh buah-buahan dan hasil bumi lainnya yang melambangkan kesejahteraan dan kemakmuran.

Tahap Keempat
Ider bumi, dimana para manusia kerbau di arak ke seluruh desa sesuai rute yang telah di buat.

Tahap Kelima

Kebo-Keboan Banyuwangi, Taputardotcom
Dewi Sri dalam Kebo-Keboan Banyuwangi


Diakhiri dengan Ngurit, kegiatan ini ada tokoh yang bernama Dewi Sri yang bertugas memberikan benih ke pada ketua adat, yang selanjutnya akan di berikan ke masyarakat agar di tanam.
×
Berita Terbaru Update