Notification

×

Iklan

Iklan

Tari Gandrung, Jadi Tarian Kebanggaan Masyarakat Banyuwangi Yang Mendunia

Rabu, 17 Mei 2023 | Mei 17, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T16:36:25Z

Tari Gandrung Banyuwangi, Taputardotcom, viral, trending, terhangat, terkini
Tari Gandrung

Taputardotcom - Tari Gandrung, mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan tarian ini, tarian kebanggaan masyarakat Banyuwangi, Jawa Timur yang mendunia.


Bahkan kota Banyuwangi di juluki Kota Gandrung karena masyarakatnya bena-benar menjaga dan melestarikan budaya ini.


Banyuwangi menggelar festival tahunan dengan nama Gandrung Sewu yang sangat luar biasa dan memiliki arti seribu penari gandrung di Pantai Boom Banyuwangi.


Sejarah Tari Gandrung  


Tari Gandrung pertama kali lahir saat pembangunan ibukota Blambangan yaitu saat pembukaan lahan hutan Tirta Arum (tirta gondo) pada tahun 1774.


Menurut catatan sejarah, Tari Gandrung pertama kali di tarikan oleh para laki-laki (lanang) yang di dandani seperti perempuan, seiring waktu dan perubahan zaman tari gandrung kini di bawakan oleh wanita.

 

Tari Gandrung Banyuwangi - Gambar : Taufik_Fotografi
Tari Gandrung

Pementasan Tari Gandrung 


Setidaknya ada tiga bagian utama yang ditunjukan dalam pertunjukan Tari Gandrung.

1. Jejer

Jejer yaitu bagian dari Tari Gandrung ketika menari sendiri atau berkelompok tanpa melibatkan tamu.

2. Paju (Maju)

Paju memiliki arti setiap penari akan mendampingi tamu yang maju ke panggung untuk ikut menari secara bergantian.

3. Seblang Subuh

Ini adalah bagian penutup dari Tari Gandrung, pada bagian ini penari akan melakukan gerakan lambat dengan iringan gending (musik) bertemakan sedih.


Tari Gandrung Banyuwangi
Tari Gandrung

Tari Gandrung biasa di pentaskan di berbagai kesempatan, seperti pesta hajatan, hari besar nasional, hari jadi kabupaten, kegiatan pariwisata dan sejenisnya.


Busana Tari Gandrung


Tari Gandrung Banyuwangi - Gambar : Taufik_Fotografi
Tari Gandrung


Sebagai hiasan kepala di gunakan omprok, semacam mahkota dari kulit kerbau dengan ornamen berwarna. Bagian badan penari Gandrung di tutupi bahan beludru berbenang emas dan selendang.


Kostum bagian bawah menggunakan jarik (kain) batik dengan motif yang paling umum adalah corak Gajah Oling, selain itu biasa nya penari gandrung membawa kipas 1 - 2 buah.



Tari Gandrung



Gandrung Sewu 

Gandrung sewu merupakan gelaran festival tahunan, acara ini diadakan sejak tahun 2012 yaitu untuk mengenalkan budaya Banyuwangi khususnya Gandrung ke khalayak umum.


Itulah sejarah mengenai Tari Gandrung dari Banyuwangi yang sudah terkenal sampai ke manca negara. Mari jaga dan lestarikan seni dan budaya Indonesia dimana pun kita berada sebagai kekayaan dan anugerah dari Yang Kuasa.


Silahkan ajukan pertanyaan mengenai semua tempat wisata dan budaya yang kami review disini. Karena semua tempat wisata dan budaya yang kami ulas adalah pengalaman langsung tim kami yang sudah kami menjelajahinya langsung ke TKP.


Jadi, jangan ragu untuk menanyakan hal-hal yang perlu kalian ketahui dari kami. Have a nice day !
×
Berita Terbaru Update