Notification

×

Iklan

Iklan

Wisata Kuliner, 7 Makanan Khas Indonesia Yang Menjadi Incaran Wisatawan Saat Liburan

Minggu, 21 Mei 2023 | Mei 21, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T16:35:14Z

 

Wisata Kuliner Indonesia, Taputardotcom, viral, trending, terhangat, terkini
Wisata Kuliner Indonesia, sumber : CIMB Niaga


Taputardotcom - Indonesia adalah negara yang sangat kaya dengan keanekaragaman budaya, bahasa daerah, wisata alam kelas dunia, wisata kuliner makanan khas Indonesia dan mas banyak lagi, semuanya ada di Indonesia.


Setiap tahun banyak wisatawan manca negara memilih untuk liburan ke Indonesia karena banyak destinasi wisata kelas dunia ada disini. Bagaimana dengan orang Indonesia ? yang pasti memilih #DiIndonesiaAja bukan ?.


Yang membingungkan adalah orang Indonesia berlomba-lomba untuk berlibur atau berwisata ke luar negeri. Padahal jika dilihat, banyak wisatawan dari berbagai negara di dunia yang memilih Indonesia menjadi destinasi wisatanya dari tahun ke tahun. 


Nah, liburan atau jalan-jalan tanpa menikmati wisata kuliner menjadi tidak lengkap dan terasa kurang. Makanan khas Indonesia sangat banyak jenisnya. Jika ditelusuri di setiap daerah ada beragam makanan khas yang belum terekspos.


Bicara soal wisata kuliner, Indonesia memiliki sangat banyak makanan khas yang bisa kalian cicipi loh. Beberapa diantaranya akan kami ulas pada artikel ini, pastikan kalian membaca sampai selesai agar semakin menambah pemahaman soal kuliner Indonesia.


1. Sate lilit


Sate Lilit Bali, taputardotcom
Wisata Kuliner Indonesia, sumber : pesonatravel


Berwisata ke Bali tidak lengkap jika tidak menikmati salah satu makanan yang sudah menjadi ikon kuliner Bali yang satu ini. Sate lilit bisa ditemukan di berbagai tempat wisata di Bali.


Kuliner Bali memang sangat beragam dan memiliki cita rasa yang dibilang sangat membekas bagi siapapun yang pernah mencicipinya.


Mulai dari kabupaten Badung sebagai kabupaten yang memiliki jumlah destinasi wisata terbanyak di Bali, hingga Denpasar dan Kabupaten Gianyar, sangat mudah untuk menemukan kuliner khas yang satu ini.


Sate lilit sedikit berbeda dengan sate pada umumnya yang menggunakan potongan daging, sate lilit menggunakan gumpalan adonan daging yang sudah dicampur dengan rempah-rempah. 


Sate ini dihidangkan dengan bumbu kacang. Adonan yang sudah menjadi sate sudah kaya dengan cita rasa yang khas dan lengkap.


2. Rawon


Wisata Kuliner Indonesia, taputardotcom
Rawon, Sumber foto : Pesonatravel


Sup daging dengan kuah kental yang memiliki warna khas hitam ini memang sangat digemari banyak orang, tidak hanya ditempat asal kuliner ini berasal. Rawon merupakan makanan khas dari Jawa Timur


Warna hitam yang ada pada rawon dihasilkan dari kluwek yang dicampur dengan potongan daging sapi. Sebagai pelengkap hidangan, rawon biasanya dihidangkan dengan nasi, telur asin, tauge, daun bawang dan kerupuk.


3. Lumpia


Wisata Kuliner Indonesia, taputardotcom
Lumpia, sumber foto : pesonatravel

Jajanan tradisional asal Tiongkok yang satu ini bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, terutama Semarang dan daerah wisata seperti Bali


Lumpia merupakan olahan dari tepung beras yang dibuat menjadi lembaran tipis yang nanti digulung dengan berbagai isian seperti daging, sayur, telur dan juga makanan laut.


3. Bakso


Wisata Kuliner Indonesia
Bakso, sumber gambar : pesonatravel


Kalau makanan khas Indonesia yang ini, bisa ditemukan hampir di seluruh daerah di Indonesia. Tidak hanya di kota-kota besar, hampir di semua pelosok tanah air bisa ditemukan bakso dengan berbagai rasa.


Bakso merupakan olahan daging terutama daging sapi yang sudah dihaluskan dan tepung tapioka yang sudah diberi berbagai bumbu masak dan rempah untuk cita rasa. 


Bakso tidak selalu berbentuk bola atau pentolan. Saat ini bakso sudah banyak dibuat dengan berbagai bentuk dan topping yang variatif. Hal inilah yang membuat makanan khas Indonesia yang satu ini tidak pernah bosan-bosan dicari.


Yang menjadi daya tarik dari makanan ini adalah bisa disajikan dengan berbagai rasa dan topping sesuai dengan cara penyajian dan rasa yang berbeda dari setiap rumah makan khusus bakso.


4. Tengkleng


Ilistrasi gambar Tengkleng Solo, Shutterstock / Jim photography

Kuliner yang memiliki sejarah panjang dan tidak pernah dilupakan oleh masyarakat Indonesia ini memang terbilang masih asing bagi banyak orang.


Pada masa pemerintahan kolonial Belanda, menikmati daging dari bagian tubuh kambing atau sapi yang berisi merupakan hal yang langka dan hampir-hampir sulit bagi kaum pribumi terutama pekerja kasar.


Pekerja dan juru masak hanya bisa makan bagian tubuh kambing atau sapi seperti kaki, kepala dan bagian tulang saja.


Sehingga dari pengalaman itulah para juru masak mulai berusaha mengolah sisa-sisa bagian tubuh kambing menjadi makanan yang mirip sekali dengan gulai namun tidak kental yang disebut tengkleng.


Tengkleng merupakan makanan yang selalu diincar oleh banyak wisatawan lokal maupun mancanegara ketika berkunjung ke Kota Solo. Makanan ini digemari karena lezat dan juga memiliki cerita atau sejarah yang panjang.


5. Gudeg


Wisata Kuliner Indonesia, taputardotcom
Gudeg Jogja, Sumber gambar : pesonatravel


Ada satu kota di Indonesia yang disebut dengan Kota Gudeg sesuai dengan nama makanan khasnya, kota itu adalah Jogja.

Wisata ke Jogja terasa belum lengkap jika belum menyantap makanan khas ini. Gudeg adalah makanan khas Jogja yang sangat nikmat.


Makanan ini biasanya disantap dengan nasi hangat, ayam kampung, tempe, tahu, telur dan kuah santan yang kental. Pastikan anda menyantap makanan yang satu ini saat datang ke Kota Gudeg biar ada cerita di kemudian hari ya.

 

6. Nasi Goreng


Wisata Kuliner Indonesia, taputardotcom
Nasi Goreng, sumber gambar : pesonatravel

Seperti halnya bakso, makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat terkenal di berbagai negara.


Karena terkenalnya, nasi goreng sering menjadi rekomendasi bagi wisatawan yang baru pertama kali datang ke Indonesia.


Nasi goreng memang memiliki banyak rasa yang luar biasa sesuai dengan campuran bahan pelengkap masakan yang digunakan.


Bahkan nasi goreng pernah meraih peringkat kedua sebagai "50 Makanan Paling Enak di Dunia" pada tahun 2011 berdasarkan hasil survei CNN Internasional.


Sudah pernah menikmati makanan khas Indonesia ini belum ? jika belum cobalah berlibur ke salah satu daerah wisata di Indonesia, pasti disana ada nasi goreng khas Indonesia.


7. Rendang


Wisata Kuliner Indonesia, taputardotcom
Rendang, sumber gambar : pesonatravel


Kuliner ini berasal dari Minangkabau, terbuat dari olahan daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah yang kuat cita rasanya. Makanan ini bisa dijumpai di setiap rumah makan Padang di seluruh Indonesia.


Rendang pernah dinobatkan menjadi makanan paling enak nomor 1 versi CNN Travel. Tidak salah jika makanan ini sangat digemari karena rasa yang khas dan lezat.

×
Berita Terbaru Update