Notification

×

Iklan

Iklan

10 Kuliner Khas Bali Yang Wajib Kamu Nikmati Saat Liburan

Sabtu, 24 Juni 2023 | Juni 24, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T16:25:46Z
Ayam betutu, kuliner indonesia, Makanan Khas Bali Yang Mendunia, taputardotcom, wisata bali, Bali terkini, Bali viral, Taputardotcom, Makanan khas Bali Yang Wajib dicicipi, Makanan khas Bali Yang Populer dan wajib kamu kunjungi, dicoba wisatawan, Incaran wisatawan, kekinian dan terkenal enak, wajib dicicipi, yang terkenal dan menggugah selera, kuliner khas wajib dicoba, apa yang khas dari bali? apa jajan khas dari Bali, Apa makanan khas Bali Yang wajib dicoba?, Apa saja makanan dan minuman khas bali?, Makanan untuk di Bali, Nasi khas Bali,
Ilustrasi ayam betutu, sambal matah | Taputardotcom
Taputardotcom - Bicara soal Bali memang identik dengan banyak hal menarik, mulai dari tempat wisata kelas dunia, budaya yang kental dan original, Kuliner lokal yang beragam dan masih banyak lagi hal unik dan menarik yang menambah kekayaan budaya Indonesia.

Jalan-jalan ke Bali adalah impian banyak orang dari berbagai tempat, baik orang Indonesia maupun dari berbagai belahan dunia, selalu punya impian untuk berlibur ke Bali.

Bali memiliki daya tarik secara wisata dan budaya yang kuat. Mereka yang pergi ke Bali berasal dari berbagai latar belakang. Mulai dari artis, pejabat dalam dan luar negeri dan masih banyak lagi wisatawan dari seluruh dunia. 

Nah, satu hal yang wajib dinikmati saat liburan ke Bali adalah soal Kuliner Khas Bali. Banyak wisatawan domestik maupun manca negara yang menghabiskan waktu untuk menikmati makanan khas Bali dan selalu menjadi cerita saat kembali dari liburan.

Bagi kamu yang rencana ke Bali lagi atau pernah kesana namun susah cari makanan khasnya, tenang saja, kami rekomendasikan beberapa kuliner Khas Bali yang wajib kamu nikmati.

12 Kuliner khas Bali yang wajib kamu nikmati saat liburan ke Bali :


1. Sate Lilit Khas Bali


Sate lilit, kuliner indonesia, Makanan Khas Bali Yang Mendunia, taputardotcom, wisata bali, Bali terkini, Bali viral, Taputardotcom
Sate Lilit khas Bali | Taputardotcom



Berbeda dengan sate pada umumnya yang menggunakan potongan daging yang ditusuk menggunakan lidi. Sate Lilit Khas Bali ini terbuat dari daging ayam atau sapi yang sudah dihaluskan, ada juga yang menggunakan daging babi dan maupun ikan tenggiri, kemudian dililitkan batang bambu atau batang daun serai.

Daging yang dihaluskan akan dicampur dengan parutan kelapa, santan, bawang merah, jeruk nipis dan merica. Ketika semua sudah tercampur, campuran tersebut dililitkan pada batang bambu atau batang daun serai lalu dipanggang di atas arang hingga matang.

2. Babi Guling Khas Bali


Babi guling, kuliner indonesia, Makanan Khas Bali Yang Mendunia, taputardotcom, wisata bali, Bali terkini, Bali viral, Taputardotcom
Babi Guling khas Bali | Taputardotcom
Makanan khas yang satu ini memang tidak semua wisatawan bisa konsumsi. Namun bagi yang merasa halal, makanan khas ini sangat digemari oleh wisatawan lokal maupun manca negara yang berlibur ke Bali. Bahkan Babi Guling Khas Bali ini sudah terkenal sampai ke berbagai negara.

Daging yang memiliki cita rasa bumbu khas Bali ini menjadi kuliner wajib bagi kamu saat liburan ke Bali. Berkunjung ke Pulau Dewata jadi lengkap saat menikmati salah satu makanan Khas Bali, seperti Babi Guling Khas Bali.

3. Ayam Betutu Khas Bali


Ayam betutu, kuliner indonesia, Makanan Khas Bali Yang Mendunia, taputardotcom, wisata bali, Bali terkini, Bali viral, Taputardotcom
Ayam Betutu khas Bali | Taputardotcom


Daging ayam yang ini memiliki keistimewaan tersendiri. Istimewanya Ayam Betutu Khas Bali ini karena bumbunya menggunakan bumbu base genep, yakni bumbu khas Bali yang terdiri dari banyak rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, cabai, terasi, kunir, jahe, lengkuas, kencur, daun salam, daun jeruk dan serai yang dihaluskan kemudian ditumis.

Ayam Betutu Khas Bali ini memiliki cara penyajian yang berbeda dengan masakan daging ayam yang lain. Setelah ayam dilumuri dengan bumbu base genep,  daun singkong juga dimasukan dalam rongga perut ayam yang sudah dibersikan sehingga menambah keunikannya.

4. Sate Plecing Khas Bali


Sate Plecing, kuliner indonesia, Makanan Khas Bali Yang Mendunia, taputardotcom, wisata bali, Bali terkini, Bali viral, Taputardotcom
Sate Plecing khas Bali | Taputardotcom
Mirip dengan Sate Lilit Khas Bali, sate Plecing Khas Bali tidak hanya dibuat dari saging ayam dan daging sapi saja, namun bisa juga dari daging nabi dan ikan.

Namun yang membedakan Sate Plecing Khas Bali dan Sate Lilit adalah pada bumbu yang dgunakan. Sate Plecing menggunakan cabai rawit, garam, tomat, terasi, dan air jeruk limau. Sehingga rasanya yang gurih dan pedas menambah selera makan dan selalu diingat setelah meninggalkan Bali.

5. Nasi Jinggo Khas Bali


Nasi Jinggo Bali, kuliner indonesia, Makanan Khas Bali Yang Mendunia, taputardotcom, wisata bali, Bali terkini, Bali viral, Taputardotcom
Nasi Jinggo khas Bali | Taputardotcom


Kuliner yang satu ini tidak hanya di Bali, namun di berbagai tempat bisa kamu temukan. Yang berbeda dengan Nasi Jinggo di tempat lain karena Nasi Jinggo Khas Bali memiliki banyak lauk atau toppingnya. 

Kadang Sate Lilit juga dijadikan pelengkap dari Nasi Jinggo Khas Bali selain dari sambal goreng tempe, daging, mie dan sambal. Sehingga Nasi Jinggo ini merupakan kuliner khas yang selalu menjadi incaran wisatawan yang berkunjung ke Bali.

6. Rujak Bulung Khas Bali


Rujak Bulung, kuliner indonesia, Makanan Khas Bali Yang Mendunia, taputardotcom, wisata bali, Bali terkini, Bali viral, Taputardotcom
Rujak Bulung khas Bali | Taputardotcom


Berbeda dengan rujak pada umumnya yang menggunakan buah-buahan segar. Rujak Bulung Khas Bali menggunakan rumput laut segar yang dicampur dengan kuah pindang, kedelai goreng dan kelapa setenga tua yang diparut.

Rasanya yang khas membuat Rujak Bulung Khas Bali selalu dicari saat berlibur ke Bali. Hampir disetiap tempat makan yang dekat dengan pantai di Bali bisa kamu temukan rujak yang satu ini.

7. Sate Kakul Khas Ubud Bali


Sate Kakul, kuliner indonesia, Makanan Khas Bali Yang Mendunia, taputardotcom, wisata bali, Bali terkini, Bali viral, Taputardotcom
Sate Kakul khas Bali | Taputardotcom


Kalau Instagramer Bali yang lucu dengan video-video kocak dengan nama Arykakul sangat terkenal dengan konten-kontennya, yang ini soal kuliner guys, yakni Sate Kakul Khas Bali yang juga terkenal dengan rasanya yang khas.

Sate Kakul Khas Ubud Bali ini merupakan makanan tradisional Bali dari daerah Ubud. Sesuai namanya 'Kakul' atau Siput, sate ini menggunakan siput yang memiliki cita rasa yang khas dan banyak digemari wisatawan yang berkunjung ke Ubud Bali.

Jangan lupa untuk menikmati kuliner Sate Kakul Khas Ubud Bali saat kamu datang ke Bali ya.

8. Nasi Campur Khas Bali


Nasi Campur Khas Bali kuliner indonesia, Makanan Khas Bali Yang Mendunia, taputardotcom, wisata bali, Bali terkini, Bali viral, Taputardotcom
Nasi Campur khas Bali | Taputardotcom


Kuliner yang ini tampil seperti gado-gado, namun bukan gado-gado. Sesuai namanya Nasi Campur Khas Bali, Nasi Campur ini terdiri dari banyak macam lauk seperti nasi putih, ayam yang di suwir, urap, sate lilit, sambal matah dan juga lauk lainnya, sehingga harus dicoba saat berlibur ke Bali.

9. Sambal Matah Khas Bali


Sambal Matah Khas Bali, kuliner indonesia, Makanan Khas Bali Yang Mendunia, taputardotcom, wisata bali, Bali terkini, Bali viral, Taputardotcom
Sambal Matah khas Bali | Taputardotcom


Sambal matah bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Sambal ini biasanya dihidangkan sebagai pelengkap dengan makanan lain sehingga menambah selera makan.

Sambal Mata Khas Bali tentu memiliki rasa yang berbeda dengan yang disajikan di daerah lain. Jangan lewatkan kuliner yang satu ini saat berada di Bali, Karena beda tangan juga membuat rasa yang berbeda pula. 

10. Jukut Ares


Jukut Ares Khas Bali, kuliner indonesia, Makanan Khas Bali Yang Mendunia, taputardotcom, wisata bali, Bali terkini, Bali viral, Taputardotcom
Jukut Ares Bali | Taputardotcom


Sesuai namanya Jukut Ares, dalam bahasa Bali "Jukut" berarti batang pohon pisang. Kuliner ini disajikan berkuah yang sudah dicampur dengan kaldu tulang hewan. Rasa yang pedas dan gurih membuat Jukut Ares lebih enak dinikmati saat cuaca dingin sperti musim hujan.

11. Nasi Lawar Khas Bali


Nasi Lawar Khas Bali, kuliner indonesia, Makanan Khas Bali Yang Mendunia, taputardotcom, wisata bali, Bali terkini, Bali viral, Taputardotcom
Lawar khas Bali | Taputardotcom


Kuliner yang satu ini merupakan yang paling digemari oleh wisatawan saat berada di Bali.
Namun sama seperti Babi Guling Khas Bali, kuliner ini menggunakan daging babi sehingga hanya bisa dinikmati oleh orang tertentu saja.

Jangan lewatkan kuliner ini saat berlibur ke Bali karena sulit ditemukan di daerah lain.

12. Bebek Betutu Khas Bali


Bebek betutu Khas Bali, kuliner indonesia, Makanan Khas Bali Yang Mendunia, taputardotcom, wisata bali, Bali terkini, Bali viral, Taputardotcom
Bebek Betutu khas Bali | Taputardotcom


Seperti halnya ayam betutu, ini tidak menggunakan ayam namun bebek sehingga dinamakan Bebek Betutu Khas Bali yang dimasak seperti ayam betutu dan menggunakan bumbu khas Bali. Bumbunya menggunakan bumbu base genep, yakni bumbu khas Bali yang terdiri dari banyak rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, cabai, terasi, kunir, jahe, lengkuas, kencur, daun salam, daun jeruk dan serai yang dihaluskan kemudian ditumis.

Itulah 12 rekomendasi kuliner khas yang bisa kamu nikmati saat berlibur ke Bali selain menikmati hiburan dan berbagai wisata menarik lainnya.
×
Berita Terbaru Update