Notification

×

Iklan

Iklan

3 Tips Terbaik Memilih Kuliner Lokal Yang Tepat Saat Berwisata

Minggu, 25 Juni 2023 | Juni 25, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T16:24:35Z
Tips Terbaik Memilih Kuliner Lokal Yang Tepat Saat Melakukan Perjalanan Wisata, Taputardotcom, Traveling, Wisata indonesia, Kuliner Khas Labuan Bajo, Kiliner Khas Bali, Kiliner Khas Kupang
Ilustrasi Memilih Kuliner | Taputardotcom


Dengan berkembangnya teknologi di berbagai bidang hidup manusia, semakin mempermudah manusia untuk melakukan banyak hal tanpa harus repot. Salah satunya dalam melakukan perjalanan wisata kemana saja sudah bukan tantangan. 

Nah, bicara soal wisata memang menjadi impian bagi kebanyakan orang. Berbeda dengan jaman dulu, jarang sekali orang memikirkan soal berwisata. Hanya segelintir orang saja yang memikirkan kapan harus berwisata karena keterbatasan transportasi dan sarana pendukungnya.

Jaman sekarang, berwisata itu sudah banyak macam pilihan destinasinya, dan tidak sulit untuk memilih. Hanya bermodalkan gadget saja sudah bisa berselancar kemana-mana untuk mencari destinasi wisata idaman, wisata kuliner yang cocok, penginapan yang baik dan murah, tempat oleh-oleh yang akan dikunjungi dan lain-lain.

Sadar atau tidak dalam melakukan perjalanan wisata, ada satu hal yang sulit dipisahkan dari momen liburan, yaitu soal kuliner. Kuliner memang sudah menjadi hal wajib bagi setiap wisatawan saat berlibur kemana-mana.

Banyak pengalaman wisatawan yang sering melakukan liburan atau berwisata ke satu destinasi wisata, sudah memiliki list khusus soal kuliner apa yang akan dinikmati di daerah tersebut sebelum melakukan perjalanan wisata.

Hal ini memang dianggap penting karena dengan menikmati kuliner khas daerah setempat saat berlibur, bisa menjawab rasa penasaran dan impian yang sudah lama direncanakan jauh-jauh hari, sekaligus sebagai pelengkap kisah selama liburan.

Contohnya saja saat liburan ke Pulau Dewata atau Bali, jadi tidak lengkap dan kurang nikmat jika tidak menikmati Kuliner Khas Bali  seperti Ayam Betutu Khas Bali, Bebek Betutu Khas Bali, Sate Lilit Khas Bali dan berbagai macam kuliner lokal yang selama ini dibicarakan banyak orang.

Bagi anda yang pernah atau sering melakukan kegiatan wisata, sendiri maupun bersama keluarga atau rekan kerja, pasti ada kriteria tertentu soal kuliner yang akan dinikmati bukan?

Beberapa Tips memilih Kuliner Saat Liburan yang kami rangkum dari beberapa sumber dan pengalaman mereka yang pernah melakukan perjalanan wisata ke berbagai daerah di Indonesia maupun manca negara.

3 Tips Terbaik Memilih Kuliner Lokal Yang Tepat Saat Melakukan Perjalanan Wisata atau Liburan :


1. Memilih Kuliner Khas Daerah Wisata


Sambal Matah, Tips Terbaik Memilih Kuliner Lokal Yang Tepat Saat Melakukan Perjalanan Wisata, Taputardotcom, Traveling, Wisata indonesia, Kuliner Khas Labuan Bajo, Kiliner Khas Bali, Kiliner Khas Kupang
Ilustrasi Makanan Khas Daerah Wisata | Taputardotcom


Apa ceritanya jika saat liburan ke satu destinasi wisata,  kamu masih punya selera dengan makanan yang mikmati setiap hari di rumah atau daerah kita sendiri. Padahal saat paling berkesan saat liburan atau berwisata dalam urusan Kuliner adalah menikmati Kuliner khas daerah tujuan wisata tersebut.

Dengan Memilih makanan khas atau lokal daerah tujuan wisata, maka kamu akan memiliki cerita yang lengkap dan penuh makna tentang daerah tempat kamu berlibur.

Itu juga bisa menambah pengetahuan soal apa kreatifitas masyarakat setempat dalam hal mengolah makanan dari bahan yang mungkin ada di daerah kamu sendiri namun diolah dengan cara yang berbeda.

2. Memilih Kuliner Yang Ramah Dengan Kesehatan


Tips Terbaik Memilih Kuliner Lokal Yang Tepat Saat Melakukan Perjalanan Wisata, Taputardotcom, Traveling, Wisata indonesia, Kuliner Khas Labuan Bajo, Kiliner Khas Bali, Kiliner Khas Kupang
Ilustrasi Makanan Sehat Saat Liburan | Taputardotcom


Adakalanya orang pada saat melakukan perjalanan wisata, tidak memikirkan soal kesehatannya dalam hal memilih lokal. Sehingga banyaklah bertanya soal Kuliner lokal yang akan kamu konsumsi, karena bisa saja bahan yang dipakai dalam masakan kuliner lokal adalah pantangan bagi kesehatan.

Misalkan saja kamu memiliki riwayat tekanan darah yang rendah dan selama ini tidak mengkonsumsi mentimun atau sayuran yang tidak cocok dengan kondisi kesehatan, namun karena tidak bertanya, ternyata olahan makanan atau minuman yang disajikan di tempat wisata adalah dari bahan-bahan yang tidak boleh kamu konsumsi, hal ini akan menganggu kesehatan dan, yang pasti liburan kamu bisa terganggu.

3. Memilih Kuliner Lokal Yang Tidak Bertentangan Dengan Agama dan Kepercayaan


Tips Terbaik Memilih Kuliner Lokal Yang Tepat Saat Melakukan Perjalanan Wisata, Taputardotcom, Traveling, Wisata indonesia, Kuliner Khas Labuan Bajo, Kiliner Khas Bali, Kiliner Khas Kupang
Ilustrasi Makanan Yang Tidak Bertentangan dengan Agama Saat Liburan | Taputardotcom


Setiap orang dalam hal agama memiliki aturan dan kepercayaan yang mengatur cara hidup beragama yang benar. Ketaatan terhadap agama dan juga soal makanan dan minuman yang boleh dikonsumsi atau halal maupun yang tidak boleh atau haram harus diperhatikan saat melakukan liburan. 

Dalam kaitan dengan halal dan haram soal makanan dan minuman, sebaiknya menanyakan terlebih dahulu kepada warga lokal yang menyajikan makanan dan minuman tersebut agar tidak menjadi masalah dengan apa yang kamu yakini.

Itulah 3 Tips Memilih Kuliner pada saat liburan atau berwisata. Semoga tips-tips ini bermanfaat sehingga waktu liburan kamu menjadi berkualitas dan penuh makna ketika kembali ke dalam aktifitas sehari-hari.
×
Berita Terbaru Update