Notification

×

Iklan

Iklan

6 Tips Mengelola Keuangan Yang Baik, Agar Terhindar Dari Masalah Keuangan di Masa Depan

Kamis, 01 Juni 2023 | Juni 01, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-06T02:06:40Z
Tips Mengelola Keuangan Yang Baik Ala Raditya Dika, viral, trending
Raditya Dika, sumber Instagram : raditya_dika | Taputardotcom


Taputardotcom - Sebagian orang menganggap hal ini tidak terlalu penting. Namun bagi orang-orang yang sudah pengalaman dengan berbagai masalah dengan keuangan, ini merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Nah, agar terhindar dari masalah keuangan di masa depan coba intip tips mengelola keuangan yang baik dibawah ini.


Ini mungkin terdengar sepele, namun efeknya sangat luar biasa bagi orang yang sadar untuk mengelola keuangan sejak dini. Khususnya bagi kaum milenial, ini merupakan salah satu skill yang perlu dimiliki agar di kemudian hari tidak bingung soal masalah keuangan.

Orang tidak menyadari akan hal yang sederhana ini. Jika ingin menikmati hari ini dan hari tua dengan tanpa ragu, maka dalam hal keuangan harus dilakukan yang namanya pengelolaan keuangan dengan baik.

Dengan memiliki kesadaran sejak dini untuk mulai mengelola keuangan, maka yang pasti akan menghantar seseorang menuju masa depan yang lebih baik. Untuk itu, ada beberapa tips atau cara mengelola keuangan agar terhindar dari masalah terkait keuangan di masa depan.

6 Tips mengelola Keuangan Yang Baik Agar Aman di Hari Depan


Siapa yang tidak ingin memiliki masa depan yang gemilang tanpa harus pusing memikirkan masalah keuangan ? tentu semua orang inginkan. Untuk mencapai titik itu, tentu tips-tips sederhana ini bisa membantu kamu :

1. Disiplin Dalam mengatur kebutuhan


Salah satu hal yang menjadi penyebab seseorang selalu merasa kurang dalam hal finansial dan akhirnya mulai muncul masalah demi masalah yang membuat beban berat adalah tidak disiplin dalam mengatur keuangan. 

Berapapun pendapatan yang dimiliki, akan selalu menjadi kurang jika tidak mengatur kebutuhan sesuai dengan pendapatan yang ada ditambah gaya hidup yang konsumtif.

2. Memilah Kebutuhan dan Kesenangan


Kadangkala orang tidak menyadari apa yang disebut kebutuhan dan apa itu kesenangan. Kedua hal ini bisa menjadi jebakan yang menghancurkan finansial seseorang.

Jika tidak cepat menyadari mana kebutuhan yang harus kita keluarkan biaya, maka untuk porsi kesenangan sesaat bisa membuat dompet yang tebal pun menyisahkan recehan-recehan yang tidak berguna.

Untuk itu pilah hal-hal yang merupakan kesenangan agar tidak terlalu mengeluarkan biaya disana. Gunakan uang untuk kebutuhan yang benar-benar harus dipenuhi dan bermanfaat saja. 

Jika perlu, latih skill kamu untuk membagi keuangan ke pos tabungan atau investasi jauh lebih besar dengan tidak melupakan porsi kebutuhan darurat atau dadakan.

Ini akan membuat hidup kamu akan semakin nyaman dan hidup jauh lebih santai dari hari ke hari jika disiplin melakukannya.

3. Waspada Dengan Istilah Lebih Besar Pasak Daripada Tiang


Setiap orang berpotensi mengalami kesulitan keuangan pada waktu yang tidak disadari dan itu karena sering anggap remeh dengan mengatur keuangan. 

Untuk menghindari agar kebutuhan tidak lebih besar dari pada pendapatan, maka perlu ada pengaturan-pengaturan khusus dengan penuh kesadaran soal kebutuhan.

Ada baiknya kamu memastikan terlebih dahulu pendapatan bersih yang pasti akan kamu terima atau dapatkan sebelum membuat daftar kebutuhan. Dengan cara itu kamu akan terhindar dari masalah pengeluaran yang lebih besar dari pendapatan.

4. Tidak Mengikuti Tren Yang Menguras Isi Dompet


Milenial atau anak muda sangat rentan dengan hal-hal yang berkaitan dengan tren. Mengikuti satu tren tertentu yang hanya mendapatkan pengakuan dari orang lain bahwa kamu luar biasa dan keren, adalah hal yang sangat keliru.

Kaum milenial sangat berpotensi untuk terjebak dengan masalah tren, sehingga ada baiknya sebelum terjun bebas dan hancur dalam hal dengan keuangan, maka hindari ini sedini mungkin dan mulai mengikuti tips nomor 1 sampai 3, pasti kamu aman.

5. Selalu Pakai Uang Tunai Untuk Transaksi


Ini adalah hal yang tidak disadari oleh kebanyakan orang. Cashless memang bentuk transaksi keuangan yang instan dan dinilai cepat tepat dan akurat. Namun dengan menggunakan Cashless, membentuk satu pola psikologis ingin selalu bertransaksi atau belanja yang mudah dan cepat. Padahal tanpa disadari cara transksi ini akan mempercepat uang keluar karena selalu ingin bertransaksi.

Prinsip menggunakan uang tunai ini juga dimiliki oleh seorang komika, Penulis dan youtuber terkenal seperti Raditya Dika. Ia sering membagikan tips dan cara mengatur keuangan seperti yang ada pada artikel ini.

6. Sisihkan sebagian Uang Untuk Investasi


Kebanyakan milenial tidak memikirkan hal ini. Padahal jika melihat dari pengalaman orang yang kondisi finansialnya sehat saat sekarang, mereka mulai disiplin dalam investasi investasi sejak muda.

Peluang untuk sehat secara keuangan akan ada pada mereka yang mulai memikirkan untuk investasi atau menabung secara disiplin dari sekarang.

Untuk belajar bagaimana cara berinvestasi yang baik, kamu bisa baca artikel-artikel terkait cara bisnis online dan investasi di blog SeFindo. Disana ada banyak tips yang sangat berguna bagi kaum milenial dalam memulai berbagai bisnis dengan cara yang tepat.

Itulah 6 Tips Mengelola Keuangan Yang Baik, Agar Terhindar Dari Masalah Keuangan di Masa Depan yang bisa kamu praktekkan dan bagikan kepada keluarga dan orang-orang terdekat.
×
Berita Terbaru Update