Notification

×

Iklan

Iklan

Apa Itu Kurban ? Makna Kurban Bagi Agama Islam, Kristen dan Yahudi

Jumat, 30 Juni 2023 | Juni 30, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T16:21:57Z
Apa Itu Kurban, Makna Kurban Dalam Agama Islam, Kristen dan Yahudi, hewan kurban, binatang kurban, idul adha, hari raya kurban
Kurban | Taputardotcom


Ibadah pada hari raya 'kurban' atau Idul Adha bagi umat muslim di seluruh dunia tidak hanya dijalankan sebagai sebuah tradisi, namun sebagai bentuk ketaatannya dalam menjalankan perintah agama dan keyakinannya kepada Yang Maha Kuasa.

Apa saja yang anda ketahui tentang 'kurban' ? Ada beberapa hal yang menarik soal makna 'kurban'. Kurban bukan hanya soal bagaimana menyembeli hewan kurban, namun seberapa banyak kita mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran kita untuk berada di jalan Tuhan.

Bentuk pengorbanan yang dilakukan bisa dengan berbagai cara, misalnya ketulusan melayani umat, menyeruhkan perdamaian dimana-mana dan juga berbagi dengan mereka yang membutuhkan.

Kurban tidak hanya memberikan kita pelajaran bahwa hidup tidak hanya berurusan dengan ritual beribadah di tempat ibadah, namun ibadah nyata dalam tindakan yang kita lakukan setiap saat, yakni dengan berbagi dan peduli dengan orang lain sehingga terjalin keharmonisan diantara sesama.

Apa Kesamaan Pandangan Dalam Islam Kristen dan Yahudi Tentang 'Kurban' ?


'Kurban' merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari seorang figur yakni Abraham (Ibrahim) dalam agama Islam, Kristen maupun Yahudi. 

Kisah tentang 'kurban' yang melibatkan Abraham ini telah membentuk sebuah tradisi dan nilai-nilai moral, relasi sosial dan teologis dalam kehidupan sebagai umat beragama.

Makna Kurban Dalam Islam


Umat Islam memperingati hari raya 'kurban' setiap tahun pada hari raya Idul Adha. Dalam perayaan Idul Adha yang dilakukan umat Islam memberikan makna yang sangat dalam tentang nilai pengorbanan yang dilakukan Ibrahim dan Ismail.

Dalam Perayaan Idul Adha, umat Islam juga melakukan satu tradisi pembagian daging hewan 'kurban' kepada sesama, hal ini memaknai apa yang dilakukan Nabi Ibrahim dan Ismail.

Makna Kurban Dalam Yahudi


Kurban dalam bahasa Ibrani memiliki arti Pengorbanan. Dalam bentuk jamak yang diartikan sebagai perintah dalam Kitab Taurat disebut Karbonat (Bahasa Ibrani).

Tradisi kurban yang dilakukan sesuai dengan kitab Taurat Yahudi biasanya diberikan dalam bentuk hewan kurban seperti domba, sapi, kerbau, kambing yang menjadi makanan sehari-hari.

Ada yang diberikan oleh Kohen (pendeta) dan sebagian dibakar diatas Mezbah atau Altar. Tidak hanya hewan yang dijadikan kurban, buah-buahan, dupa dan rempah juga dijadikan kurban.

Kurban dalam Yahudi dilakukan sebagai persembahan kepada Yahweh atau Allah dan "hanya kepada-Nya" yang dilambangkan dengan darah, hewan, roti, anggur dan wewangian yang diletakan di atas Altar. 

Altar atau Mezbah dalam agama Yahudi memiliki arti sebagai tempat yang yang dijadikan Abraham ketika mengurbankan anaknya Ishak.

Kurban dalam agama Yahudi memiliki makna sebagai persembahan pendamaian dan korban bakaran. Biasanya dilakukan oleh para Imam Yahudi di Bait Suci Yerusalem.

Makna Kurban Dalam Agama Kristen


Tidak hanya agama Islam dan Yahudi. Agama Kristen juga memiliki pandangan tersendiri dan juga memaknai 'kurban' yang dilakukan oleh Abraham kepada anaknya Ishak.

Agama Kristen memaknai kurban yang dilakukan Abraham sebagai simbol sesuatu yang akan terjadi di kemudian hari nanti yakni pada saat pengorbanan Nabi Isa Almasih di atas kayu Salib untuk menyelamatkan manusia dari dosanya.

Dimana pada saat Abraham tidak lagi mempersembahkan seorang anak manusia yakni Ishak, maka sebagai gantinya dipersembahkan domba sebagai pengganti korban seorang anak manusia. 

Agama Kristen memaknai domba yang digunakan Abraham diatas Mezbah persembahan itu sebagai Isa Almasih yang disebut sebagai Anak Domba Allah.

Sebutan Anak Domba Allah ini juga sudah dituliskan dalam beberapa kitab di dalam Kitab Suci agama Kristen jauh sebelum datangnya Nabi Isa Almasih. Sehingga agama Kristen memaknai 'kurban' yang dilakukan Abraham sebagai sesuatu yang akan datang dan terbukti dengan datangnya Nabi Isa Almasih.

Itulah pembahasan singkat mengenai makna 'Kurban' bagi agama Islam, Yahudi dan Kristen yang bisa menambah pengetahuan. Anda bisa mempelajari lebih dalam makna 'Kurban' sesuai dengan agama yang anda yakini.

Terbukti tiga agama besar ini memiliki kesamaan dalam banyak hal yang memberikan kita makna bahwa perbedaan itu bukan hal yang menyakitkan namun satu keindahan.
×
Berita Terbaru Update