Notification

×

Iklan

Iklan

Kota Di NTT Dengan Wisata Religi dan Bahasa Daerah Yang Unik

Jumat, 23 Juni 2023 | Juni 23, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T16:26:44Z
Kota Di NTT Dengan Wisata Religi dan Bahasa Daerah Yang Unik Semana santa kapela tuan ma mater dolarosa
Larantika | Taputardotcom


Taputardotcom - Salah satu Wisata Religi yang terkenal di Indonesia bahkan sudah mendunia adalah Samana Santa. Letaknya di Kabupaten Flores Timur dengan ibukota Larantuka.

Kabupaten yang berada di bagian Timur Pulau Flores Nusa Tenggara Timur (NTT) ini merupakan salah satu kota yang dijuluki Vatikan Kedua (Syster City). Larantuka merupakan satu-satunya Kerajaan Katolik Pertama dan Tertua di Indonesia.

Flores Timur tidak hanya terkenal dengan Samana Santa yang mendunia, namun ada wisata bahari dan wisata budaya yang sangat unik dan dikenal sampai manca negara.

Wisata yang bisa dikunjungi di Flores Timur seperti Wisata religius, Wisata Pasir Timbul du Pulau Adonara, objek wisata Pantai Pasir Merah, objek wisata Asam Satu Beach, Pantai Wato Tena, Bukit Fatima, Pertapaan Terappist Lamanabi dan masih banyak objek wisata yang belum di eksplore.

Kota yang disebut sebagai kota suci atau 'reinha' ini memiliki banyak sekali ornament Katolik dari peninggalan Portugis. Namun masyarakatnya sangat menjunjung tinggi toleransi. Sehingga membuat semua orang yang berkunjung ke Flores Timur merasakan suasana nyaman dan tenteram.

Kota Di NTT Dengan Wisata Religi dan Bahasa Daerah Yang Unik Semana santa kapela tuan ma mater dolarosa
Semana Santa | Taputardotcom


Toleransi yang terbina di kota ini sangat jelas terlihat saat perayaan Ritual Suci Terbesar umat Katolik yakni Samana Santa. Semua umat dari seluruh agama di kota ini terlibat mengamankan Devosi Iman yang dilakukan. Hal ini juga berlaku pada umat beragama lain yang merayakan hari raya agamanya, umat Katolik juga ikut terlibat.

Kota Larantuka tidak hanya memiliki wisata religius yang terkenal, kota ini juga memiliki bahasa daerah yang unik dan merupakan salah satu dari bahasa unik di NTT. Sehari-hari masyarakat Larantuka dan sekitarnya menggunakan bahasa Nagi atau Melayu Larantuka.
Ada beberapa kata dalam bahasa Nagi merupakan serapan dari bahasa Portugis.

Kata-kata yang dianggap unik di kota ini berhubungan dengan Kata Ganti Orang, diantaranya sebagai berikut :

Orang pertama tunggal : kita
Orang kedua tunggal : Engko
Orang pertama jamak : Torang
Orang kedua jamak : Korang
Orang ketiga jamak : Dorang

Dan ada beberapa kata dalam bahasa Indonesia yang disingkat dalam pergaulan sehari-hari seperti  "Mana" disingkat menjadi "na", agar terdengar menarik biasanya dsisipkan huruf "e" di depan sehingga menjadi "ena". Sehingga Larantuka merupakan salah satu daerah yang memiliki bahasa yang unik.
×
Berita Terbaru Update