Notification

×

Iklan

Iklan

Presiden Joko Widodo Resmi Cabut Status Pandemi dan Mulai Masuk Endemi COVID-19 di Indonesia

Rabu, 21 Juni 2023 | Juni 21, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T16:27:40Z
Presiden Jokowi Resmi Cabut Status Pandemi dan Mulai Masuk Endemi COVID-19 di Indonesia
Presiden RI - Joko Widodo | Taputardotcom


Taputardotcom - Masih ingat kan soal wabah virus COVID-19 yang menyerang seluruh dunia ? Indonesia juga mengalami situasi yang mencekam pada masa Pandemi COVID-19.

Pada masa pandemi hampir semua bidang hidup manusia berubah dan tidak ada yang berkutik dengan situasi pada saat itu. Ekonomi seluruh dunia termasuk Indonesia masuk dalam situasi sulit. Hingga saat ini ekonomi Indonesia belum benar-benar pulih akibat pandemi.

Tepat pada hari ini Rabu, 21 Juni 2023 Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mencabut status pandemi COVID-19 di Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta. Dengan dicabutnya status pandemi tersebut maka Indonesia masuk dalam masa endemi.

Lalu apa sih arti kedua kata ini, yakni pandemi dan endemi ? Untuk lebih jelas penjelasan dua kata ini, Taputardotcom telah mengutip dari situs resmi Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Republik Indonesia sebagai berikut :

Arti Pandemi


Pandemi adalah wabah penyakit yang berjangkit secara serempak dimana-mana yang meliputi daerah geografis yang luas, bisa lingkup negara atau lebih luas lagi yaitu benua. Contohnya adalah COVID-19 yang pernah menyerang berbagai negara di belahan dunia.

Arti Endemi


Endemi merupakan keadaan dimana timbulnya  penyakit yang berjangkit pada satu masyarakat atau geografis tertentu, seperti Demam Berdarah Dengue (DBD).

Perbedaan Pandemi dan Endemi


Karena pandemi terjadinya wabah penyakit yang berjangkit pada wilayah yang lebih luas secara serempak maka endemi adalah kebalikannya. Endemi terjadi pada wilayah geografis tertentu dan bisa dikendalikan sehingga tidak mempengaruhi masyarakat luas.

Jadi, dengan berakhirnya masa pandemi maka satatus Indonesia memasuki masa endemi, dimana pada masa ini situasi COVID-19 hanya terjadi pada tempat tertentu saja dan sudah bisa dikendalikan dengan baik.

Harapan pemerintah setelah berakhirnya masa pandemi merupakan momentum untuk seluruh masyarakat Indonesia memiliki semangat baru untuk bersama-sama bangkit benahi situasi yang sudah kacau selama COVID-19.

Keputusan yang diambil pemerintah juga sejalan dengan Badan Kesehatan Dunia atau WHO yang mencabut status public health emergency of international concern (PHEIC). Dengan mempertimbangkan angka konfirmasi harian kasus COVID-19 di Indonesia yang sudah mendekati nihil.

Presiden Jokowi juga mengingatkan masyarakat untuk tetap berhati-hati menjaga pola hidup bersih dan sehat. Dengan adanya pencabutan status pandemi ini membuat perekonomian nasional semakin baik dan meningkatkan kualitas kehidupan sosial ekonomi masyarakat.
×
Berita Terbaru Update