Notification

×

Iklan

Iklan

Spyware Besutan NSO Group Asal Israel Mampu Menembus Keamanan Apple Yang Dibanggakan Selama Ini

Sabtu, 17 Juni 2023 | Juni 17, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T16:29:19Z
Spyware Besutan NSO Group Asal Israel Mampu Melumpuhkan Keamanan Apple Yang Dibanggakan Selama Ini, viral, trending, Taputardotcom
NSO Group, Apple | Taputardotcom


Taputardotcom - Setelah sekian lama anggapan bahwa Iphone sebagai smartphone paling aman, ternyata terbantahkan karena memiliki kerentanan yang menjadi peluang untuk diretas.

Banyak yang menyebut bahwa keamanan dari smartphone ini jauh lebih aman dari smartphone lain seperti android, namun ternyata anggapan itu salah.

Beberapa waktu lalu Apple mengumumkan bahwa ada cela keamanan atau (bug) pada layanan pembuat aplikasi berbasis web atau webkit yang sudah diperbaiki melalui pembaharuan iOS.

Kerentanan yang dimiliki sisten iOS dan macOS membuka peluang bagi peretas untuk mengeksploitasi dan mencuri data penting pengguna seperti data lokasi, pesan singkat, log panggilan dan foto yang tersimpat pada perangkat.

Hal ini sesuai dengan temuan dari Trellix Advanced Research Centre yang mengungkapkan cela keamanan baru yang terdapat pada iPhone dan Mac memungkinkan aplikasi berbahaya bisa mengelabuhi lapisan keamanan yang dimiliki Apple.

Riset Trellix ini sebenarnya menyusul penelitian yang pernah dilakukan pada tahun 2021 lalu yang dilakukan oleh Google dan Citizen Lab. Penelitian menemukan tool bernama 'FORCEDENTRY' yang dimanfaatkan oleh team software mata-mata Israel dari perusahaan NSO Group. Spyware ini secara diam-diam meretas iPhone pegawai Pemerintahan.

Sehingga untuk memperbaiki hal ini, sistem keamanan Apple menambahkan kode mitigasi baru. Namun, dalam penemuan yang dilakukan Trellix mengungkapkan kode mitigasi milik Apple tersebut tidak kuat untuk menahan serangan dari Spyware Israel tersebut.

Walaupun sampai sejauh ini belum ada bukti kerentanan Apple ini sudah disusupi oleh Spyware. Trellix tetap mengatakan bahwa isu soal kerentanan yang dimiliki Apple ini perlu diperhitungkan dan menjelaskan bahwa Apple ternyata tidak lebih aman dari Sitem Operasi lainnya.

Bahkan direktur Vulnerability Research di Trellix yakni Doug McKee menyebutkan bahwa kerentanan yang ditemukan Trellix itu benar-benar meruntuhkan model keamanan yang dimiliki Apple selama ini.

Apa Itu NSO Group ?


NSO adalah perusahaan teknologi asal negara Israel yang bermarkas di Herzliya dekat Tel Aviv, yang fokusnya pada pembangunan perangkat lunak.

Perusahaan inilah yang dikenal pernah membuat perangkat lunak spyware atau software pengintai Pegasus yang pernah menghebohkan dunia dengan meretas sejumlah akun Whatsapp orang-orang penting di berbagai negara.

Perusahann NSO group didirikan pada tahun 2010 oleh Niv Karmi, Shalev Hulio dan Omri Lavie. Nama NSO group merupakan singkatan dari nama ketiga pendirinya. Perusahaan ini mempekerjakan 500 orang pada tahun 2017.
×
Berita Terbaru Update