Notification

×

Iklan

Iklan

Uang Hasil Korupsi Johnny G Plate Mengalir Ke Gereja GMIT dan Keuskupan di Kupang NTT

Rabu, 28 Juni 2023 | Juni 28, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T16:22:43Z
Uang Hasil Korupsi Johnny G Plate Mengalir Ke Gereja GMIT dan Keuskupan di Kupang NTT, johnny g plate kasus, johnny g. plate, johnny g plate partai, johnny g plate agama, johnny g plate dari partai apa, johnny g plate alamat, johnny g plate tersangka, johnny g plate ditahan, johnny platr kpk, johnny plate korupsi berapa, johnny plate nasdem, johnny g plate partai nasdem
Johnny Geral Plate | Taputardotcom


Nama Johnny Gerald Plate terus ramai dibicarakan terkait kasus korupsi proyek Pembangunan dan Penyediaan Infrastruktur BTS 4G Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementrian Komunikasi dan Informatika (Bakti Kemenkominfo). Dimana uang hasil korupsi tersebut juga mengalir ke gereja GMIT, yayasan pendidikan katholik dan Keuskupan Katholik di Kupang, NTT.

Berapa sebenarnya total uang diperoleh dari hasil korupsi oleh terdakwa eks menteri komunikasi dan informatika (menkominfo) Johhny Plate dalam proyek tersebut?


Dalam Dakwaan yang dibacakan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada Selasa, (27/6/2023) menyebutkan bahwa Johnny Plate telah terbukti memperkaya diri sendiri dengan nilai uang hasil korupsi sebesar Rp 17,84 miliar.

JPU Sutikno menjelaskan bahwa, total uang senilai Rp 17,84 miliar hasil korupsi tersebut berasal dari beberapa sumber. Salah satunya dari Dirut Bakti Kemenkoinfo Anang Achmad Latif.

Anang Achmad Latif juga termasuk salah satu terdakwa dalam kasus korupsi yang merugikan negara sebesar Rp 8,03 triliun.

Pada bulan April 2021 Johnny Plate meminta uang senilai Rp 200 juta kepada Dirut Kemenkoinfo untuk korban bencana alam banjir di Flores Timur, NTT.

Dua bulan kemudian yakni di bulan Juni 2021 Anang Latif kembali diminta uang senilai Rp 250 juta oleh Johnny Plate untuk dikirim ke rekening Gereja GMIT di NTT.

Kemudian pada Maret 2022, Johnny meminta uang sebesar Rp 500 juta untuk dikirim kepada Yayasan Pendidikan Katholik Arnoldus dan Rp 1 miliar untuk Keuskupan Agung Dioses di Kupang, NTT.

Johny G Plate juga didakwa telah menerima uang senilai Rp 4 miliar yang diberikan secara bertahap, masing-masing setiap tahapnya Rp 1 miliar dari Irwan Hermawan selaku Direktur PT. Multimedia Berdikari Sejahtera yang juga sebagai terdakwa dalam kasus ini.

Uang senilai Rp 4 miliar yang diterima Johnny Plate diberikan oleh beberapa pihak yang terlibat dalam proyek Pembangunan dan Penyediaan Infrastruktur BTS 4G Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementrian Komunikasi dan Informatika (Bakti Kemenkominfo).

Dengan mengalirnya uang hasil korupsi kepada organisasi gereja dan yayasan pendidikan ini, tentu menjadi pertanyaan yang serius, apa tujuan Johnny G Plate melakukan ini ? Apakah dengan misi politik atau hal lain ?.
×
Berita Terbaru Update