Notification

×

Iklan

Iklan

Gempa Bumi Mag 6,4 Bantul Yogyakarta Terasa Sangat Kuat, Ini Penyebabnya

Sabtu, 01 Juli 2023 | Juli 01, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T16:19:44Z
Gempa Bumi mag 6,4 Bantul Yogyakarta Terasa Sangat Kuat, Korban Meninggal Karena Serangan Jantung, earthquake
Gempa Bantul Yogyakarta | Taputardotcom


Taputardotcom - Guncangan hebat saat gempa bumi mag 6,4 di Bantul Yogyakarta disebabkan karena endapan kuarter dan batuan berumur tersier yang sudah lapuk serta memiliki sifat urai, lepas, lunak dan belum kompak sehingga memperkuat guncangan. Hal ini disampaikan oleh Badan Geologi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Lebih lanjut Sugeng Mujiyanto selaku Kepala Badan Geologi menjelaskan "Morfologi daerah tersebut pada umumnya adalah dataran, perbukitan, dataran gelombang hingga terjal di bagian utara. Daerah pantai secara umum tersusun dari tanah sedang atau kelas D dan tanah lunak atau kelas E."

Endapan kuarter yang ada di daerah Yogyakarta, juga termasuk Jawa Tengah berupa aluvial sungai, aluvial pantai, batuan rombakan gunung api muda dan batuan berumur tersier berupa batuan sedimen yakni batu lempung, batu pasir, batu lanau dan batu gamping.

Kepala Badan Geologi, Sugeng Mujiyanto juga menuturkan bahwa sebagian batuan rombakan dan batuan berumur tersier sudah mengalami pelapukan.

Sugeng juga menjelaskan soal Morfologi Perbukitan
yang tersusun oleh batuan telah mengalami  pelapukan dan terjadi gerakan tanah saat curah hujan tinggi dan guncangan gempa.

Sebaran permukiman penduduk yang mengalami guncangan keras berada pada Kawasan Rawan Bencana (KRB) gempa bumi menengah dan tinggi. data ini berasal dari Badan Geologi.

Gempa bumi yang ada tidak berpotensi tsunami walaupun pusat gempa berada di laut. Karena menurut perkiraan tidak terjadi deformasi bawah laut yang memicu terjadinya tsunami.

Sesuai dengan data Badan Geologi bahwa wilayah pantai bagian Jawa Tengah dan pantai selatan Yogyakarta merupakan daerah rawan tsunami dengan posisi tinggi di garis pantai hingga lebih dari tiga meter.

Sugeng memberikan himbauan kepada masyarakat yang terdampak bencana agar tetap tenang dan waspada, dengan gempa bumi susulan dan terus mengikuti arahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.
×
Berita Terbaru Update