Notification

×

Iklan

Iklan

Jenis-jenis kain Tenun Di Indonesia

Jumat, 28 Juli 2023 | Juli 28, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-02T11:52:15Z
Jenis-jenis kain Tenun Di Indonesia, budaya Indonesia, kekayaan budaya

Taputardotcom - Indonesia memiliki beragam jenis kain tenun yang kaya akan keindahan dan keunikan motifnya. Tenun merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya. Saat ini kain tenun memiliki nilai ekonomis yang tinggi, sehingga pemerintah memiliki banyak program dan kebijakan yang cukup membantu pelaku usaha kain tenun dan industri kreatif.

Jenis-jenis kain tenun dari berbagai daerah di Indonesia :


1. Tenun Ikat


Tenun ikat adalah salah satu jenis tenun tradisional yang dibuat dengan teknik mengikat benang menggunakan pola tertentu sebelum proses pewarnaan. Daerah yang terkenal dengan tenun ikat yang antara lain Sumba, Sabu, Rote, Timor dan Flores (Nusa Tenggara Timur), Toraja (Sulawesi Selatan) dan Bali.

2. Tenun Songket


Tenun songket dikenal dengan motifnya yang kaya akan hiasan benang emas atau perak yang menambah kemewahan kain. Daerah yang terkenal dengan tenun songket adalah Palembang (Sumatera Selatan), Bali, dan Sumatera Barat.

3. Tenun Sidatik


Tenun Sidatik berasal dari Sulawesi Tengah dan khususnya didominasi oleh masyarakat suku Kaili. Tenun ini memiliki ciri khas pola-pola geometris yang menarik.

4. Tenun Ulap Doyo


Kain tenun ini berasal dari suku Dayak Benuaq di Tanjung Usuy, Kutai Barat, Jempang, Kalimantan Timur. Kain ini disebut Doyo karena terbuat dari serat daun Doyo yang dijadikan Benang.

5. Tenun Gedog Tuban


Kain tenun dari Tuban, Jawa Timur, dengan corak yang khas dan motif beraneka ragam. Kain yang memiliki keunikan khas Tuban ini diproduksi secara tradisional dengan alat tenun bukan mesin.

6. Tenun Troso


Kain tenun asal dari Troso, Jepara, Jawa Tengah. Tenun ini memiliki warna-warna cerah dan motif yang unik.

7. Tenun Cual


Kain tenun khas dari Kalimantan Barat, khususnya daerah Dayak. Biasanya menggunakan warna alami dan motif yang terinspirasi dari alam sekitar.

8. Tenun Lombok


Berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat, kain tenun ini terkenal dengan motif sederhana dan warna-warna alami. Tenun Lombok ini merupakan kerajinan yang sudah ada sejak lama dan menjadi identitas masyarakat dan budaya.

9. Tenun Sambas


Kain tenun khas Sambas, Kalimantan Barat, dengan pola dan warna yang menarik. Kain tenun ini memiliki keunikan corak dan motif serta memiliki sejarah yang cukup panjang dalam kehidupan masyarakat dan budaya di Sambas.

10. Tenun Gringsing


Kain tenun ini berasal dari Tenganan Pegringsingan, Bali. Motif pada tenun Gringsing biasanya unik dan rumit, karena proses pembuatannya melibatkan pewarnaan ulang dan pengikatan benang yang cukup kompleks.

Itu hanya beberapa contoh dari banyak jenis kain tenun yang ada di Indonesia. Setiap daerah memiliki keunikan dan ciri khas sendiri dalam proses pembuatan dan motif kain tenunnya, mencerminkan kekayaan budaya dan seni Indonesia yang beragam.
×
Berita Terbaru Update