Notification

×

Iklan

Iklan

3 Tips Aman Bertransaksi di Marketplace

Kamis, 06 Juli 2023 | Juli 06, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-02T01:27:23Z
Tips Aman Bertransaksi di Marketplace, marketplace online, marketplace indonesia, tokopedia, bukalapak, sophee, blibi, ebay, amazone, Toko online, waroeng online kupang
Keamanan marketplace, sumber istockphoto | Taputardotcom


Taputardotcom - Dalam era digital ini, kemajuan teknologi telah merubah cara kita berbelanja. Salah satu platform yang semakin digemari masyarakat adalah marketplace online. Namun, terkadang kita khawatir mengenai keamanan saat bertransaksi di platform tersebut. Bagaimana sih cara aman bertransaksi di marketplace? Berikut penjelasannya:

1. Mencari Produk Berkualitas


Dalam berbelanja online, hal pertama yang harus diutamakan adalah mencari produk berkualitas. Caranya adalah dengan membaca deskripsi produk secara detail, melihat gambar produk, dan membaca review dari pelanggan lain. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa produk yang Anda beli memenuhi standar dan kebutuhan Anda.

2. Mencari Harga yang Murah


Selain kualitas, harga juga menjadi pertimbangan utama dalam berbelanja. Di marketplace, Anda dapat membandingkan harga antar penjual untuk mendapatkan harga terbaik. Namun, jangan terjebak dengan harga yang terlalu murah dan ragu-ragu. Ingatlah bahwa harga yang terlalu murah bisa jadi merupakan indikasi penipuan atau produk palsu.

3. Melakukan Pembayaran Aman


Pembayaran merupakan aspek paling krusial dalam sebuah transaksi online. Anda harus bisa menggunakan sistem pembayaran yang aman dan terpercaya yang ditentukan marketplace. Sebagian besar marketplace memiliki fitur pembayaran yang aman, escrow (rekening bersama) yang akan menahan dana hingga pembeli menerima barangnya. 

Marketplace yang bisa jadi rekomendasi untuk bertransaksi yang aman seperti Sophee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada. Anda juga bisa menggunakan fasilitas aplikasi yang menyediakan rekening bersama di luar marketplace seperti Rekber, Indo Rekber, iRekber dan Rekberco.

Contoh Transaksi Rekening bersama :

Rudy membeli handphone di marketplace sophee seharga Rp. 2.000.000 dan melakukan pembayaran kepada pihak marketplace. Transaksi tersebut diteruskan pihak marketplace kepada penjual dan kemudian handphone yang dibeli dikirim ke alamat pembeli. Saat handphone diterima pembeli sesuai dengan rincian awal, pembeli melakukan konfirmasi kepada marketplace sophee bahwa barang telah diterima, sehingga uang milik rudy yang berada di sophee diteruskan ke Penjual dan transaksi selesai.


Selain itu, hindari pembayaran melalui transfer bank langsung atau melalui fasilitas pengiriman uang lainnya ke penjual, kecuali Anda benar-benar yakin dengan penjual tersebut.

Selain itu, jangan membagikan informasi pribadi atau detail kartu kredit Anda kepada siapa pun. Anda juga disarankan untuk mengubah password secara reguler dan memanfaatkan fitur autentikasi dua langkah jika tersedia.

Dalam bertransaksi di marketplace, selalu utamakan keamanan dan kenyamanan Anda. Jangan terburu-buru dalam melakukan transaksi, teliti setiap detail produk dan syarat transaksi, serta pastikan Anda berbelanja di toko yang memiliki reputasi baik dan terpercaya. Dengan begitu, Anda dapat berbelanja dengan aman dan nyaman di marketplace.

Demikian cara aman bertransaksi di marketplace yang dapat Anda lakukan. Semoga melalui pembahasan ini, Anda dapat melakukan transaksi yang aman dan menghindari penipuan online. Selamat berbelanja!
×
Berita Terbaru Update