Notification

×

Iklan

Iklan

Waspada Penipuan Panen Hadiah Bank NTT, Ini Modusnya

Senin, 10 Juli 2023 | Juli 10, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-10T04:32:09Z
Waspada Penipuan Panen Hadiah Bank NTT, Ini Modusnya


Taputardotcom - Maraknya kejahatan siber saat ini, tentunya menjadi perhatian semua pihak. Modus yang digunakan sangat bervariasi dan terbilang sangat canggih. Mulai dari menggunakan link Undangan Pernikahan yang dikirimkan melalui aplikasi pengirim pesan whatsapp, hingga menggunakan modus undian berhadiah seperti yang sedang viral saat ini. Informasi yang sedang hangat dibicarakan terkait Undian Berhadiah Bank NTT.


Modus kejahatan yang disebarkan melalui media sosial dengan mengatasnamakan Bank NTT ini terbilang sangat berbahaya. Sehingga hal ini mendapat tanggapan dari Bank NTT sekaligus menjadi himbauan kepada seluruh nasabah untuk berhati-hati saat berselancar didunia maya, khususnya media sosial dan media online lainnya.


Pelaku kejahatan secara detail mendesain halaman fanpage bisnis media sosial facebook atau Instagram untuk meniru semirip mungkin salah satu bank yang menjadi target. Kemudian link halaman untuk informasi keuangan palsu mulai disebarkan di media sosial dan aplikasi pengiriman pesan


Ketika link tersebut dibuka, akan menuju kepada formulir yang meminta memasukan data pribadi yang berujung kepada permintaan OTP yang terkirim ke nomor handphone atau email. Dengan memberikan atau melakukan konfirmasi OTP melalui formulir maka sangat berpotensi akun perbankan bisa dikendalikan dan pelaku kejahatan bisa menguras rekening bankbyang bisa diakses tersebut.


Himbauan Bank NTT


Menanggapi fakta yang ada, pihak Bank NTT menghimbau kepada nasabah untuk selalu berhati-hati dalam berselancar di internet, terutama media sosial yang menjadi tempat berbagi informasi yang sangat banyak digunakan. Sebaiknya menggunakan kanal resmi milik bank NTT untuk mendaptkan informasi yang valid.


Bank NTT juga menyampaikan bahwa pihaknya tidak pernah membuat promo dan undian berhadiah yang pada akhirnya meminta data nasabah melalui saluran apapun. Nasabah juga harus waspada dengan modus yang digunakan pelaku kejahatan yang meminta untuk data rahasia seperti PIN, OTP, Password serta nomor Kartu ATM/Debit.


Nasabah harus secepatnya melaporkan ke Kantor Bank NTT atau melalui kanal resmi bank NTT jika ada hal-hal yang mencurigakan terkait data transaksi yang tidak dikenal didalam rekening atau pada aplikai mobile banking bank NTT.


Website dan Kanal Resmi Bank NTT


Adapun Website resmi Bank NTT yakni bpdntt.co.id dan akun resmi media sosial : Facebook: Humas BPD NTT, Instagram: bank_ntt, Tiktok: Humas Bank NTT, Youtube: Bank NTT Official. Sehingga nasabah bisa mendapatkan informasi valid melalui kanal-kanal yang tersedia demi keamanan dan kenyamanan transaksi.


Tips Untuk Terhindar Dari Kejahatan Perbankan


Gunakanlah media sosial untuk hal-hal yang perlu saja dan jangan pernah membuka link yang bertebaran di halaman media sosial atau melalui aplikasi pengirim pesan.


Jangan memasukan data pribadi pada formulir online yang tidak dikenal dengan mengharuskan data pribadi. Jaga kerahasiaan data pribadi seperti email dan password, Password Mobile Banking dan Pin ATM.


Pastikan mengunduh aplikasi mobile Banking resmi milik Bank NTT B'Pung Mobile di Playstore dan jangan mengunduh aplikasi yang mengatasnamakan Bank NTT melalui link apapun yang berekstensi "apk".

×
Berita Terbaru Update