Notification

×

Iklan

Iklan

WHO Segera Umumkan Bahwa Pemanis Buatan Aspartam Sebagai Penyebab Kanker

Rabu, 02 Agustus 2023 | Agustus 02, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-02T11:53:40Z
Waspada WHO Segera Umumkan Bahwa Pemanis Buatan Aspartam Pada Coca Cola Sebagai Penyebab Kanker, WHO, Coca cola, Minuman Soda
Ilustrasi Pemanis Buatan Aspartam | Taputardotcom


Taputardotcom - Coca cola merupakan merek minumal terkenal dunia yang sangat dikenal masyarakat. Salah satu pemanis buatan yang sangat dikenal di dunia yakni aspartam yang ada dalam minuman coca cola akan dinyatakan sebagai bahan karsinogenik penyebab kanker oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Bukan hanya coca cola, permen karet Mars' Extra dan beberapa jenis minuman lain akan terdaftar sebagai kemungkinan karsinogenik bagi manusia oleh International Agency for Research on Cancer (IARC) dengan penelitian kanker WHO, menurut salah seorang sumber kepada Reuters, pada Jumat (30/06/2023).

Diketahui putusan IARC, setelah pertemuan para pakar eksternal dalam kelompok tersebut bertujuan untuk menilai sesuatu yang berpotensi menimbulkan bahaya atau tidak, sesuai bukti yang dipublikasikan.

Itu tidak memperhitungkan berapa banyak produk
yang bisa dikonsumsi manusia dengan aman.
Saran ini berasal dari Komite Ahli Organisasi Kesehatan Dunia WHO terpisah tentang bahan tambahan makanan yang dikenal dengan Komite Pakar Gabungan WHO dan Organisasi Pangan dan Pertanian untuk bahan tambahan makanan, bersama dengan penetapan regulator nasional.

Keputusan IARC serupa pada waktu lalu terkait zat yang berbeda telah menimbulkan kekhawatiran bagi konsumen mengenai penggunaannya, sehingga menyebabkan tuntutan hukum dan memperketat produsen untuk membuat ulang resep.

Oleh karena keputusannya, IARC mendapat kritik keras karena dianggap penilaiannya bisa membingungkan publik.

Komite aditif WHO juga meninjau soal penggunaan aspartam pada tahun ini. Pertemuan yang dilakukan pada akhir Juni itu akan mengumumkan temuannya pada hari yang sama saat IARC mengumumkan keputusannya pada tanggal 14 Juli 2023 mendatang.

JECFA menyatakan bahwa pemanis buatan aspartam aman dikonsumsi dalam batas harian yang diperbolehkan sejak tahun 1981.

Contoh pada orang dewasa dengan berat badan 60kg bisa minum minuman soda diet antara 12 hingga 36 kaleng tergantung pada jumlah pemanis buatan aspartam dalam minuman bisa beresiko. Pandangan itu telah dibagikan secara luas oleh regulator nasional di Eropa dan Amerika Serikat.

Apa Itu Pemanis Buatan Aspartam ?


Dikutip dari Aspartam merupakan pemanis buatan yang rendah kalori dan terbuat dari dua jenis asam amino, yakni asam aspartatbdan fenilalanin yang merupakan komponen pembangun protein. Aspartam tidak berbahaya bagi manusia jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Fungsi aspartam adalah untuk menggantikan gula pada makanan dan minuman yang dijual di pasaran. (Dikutip dari https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/apa-itu-aspartam)

×
Berita Terbaru Update