Notification

×

Iklan

Iklan

Selamat Tinggal TikTok Shop

Rabu, 04 Oktober 2023 | Oktober 04, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-06T04:10:51Z
tiktok, tiktokshop, tiktok Shop, tiktok tutup, detik.com, tribunnews, tribun news, kompastv, kompas, liputan6, cnn indonesia, kompas gramedia, kompasiana
TikTok Shop Resmi Hengkang dari Indonesia

Beberapa hari belakangan ini masyarakat Indonesia terutama mereka yang menggunakan salah satu platform penjualan online paling terkenal saat ini yakni TikTok Shop merasa sedih karena mulai Rabu, 04 Oktober 2023 TikTok Shop resmi tidak beroperasi lagi di Indonesia. Pernyataan ini disampaikan oleh TikTok Indonesia, bahwa mereka mematuhi dan menghormati Undang-Undang yang berlaku.


Kabar ditutupnya layanan TokTok Shop Di Indonesia ini tentu sangat menyedihkan, terutama bagi mereka yang selama ini mencari pundi-pundi rupiah dari aktivitas berjualan di platform luar biasa ini. Hal ini berawal dari laporan beberapa penjual konvensional yang ada di Jakarta, yang merasa jualan mereka sepi dan tidak ada pelanggan karena semua orang membeli barang yang sama di Tiktok dengan harga yang jauh lebih murah.


Keresahan ini langsung direspon oleh pemerintah dengan memberikan instruksi kepada Platform Tiktok untuk tidak menjalankan layanan e-commerce karena izin yang dikantongi adalah sebagai media sosial. Namun ditengah perbincangan yang sedang ramai ini, sejumlah pihak sangat menyayangkan jika platform ini harus lenyap ditengah antusiasnya masyarakat Indonesia secara menyeluruh merasakan dampak positif teknologi.


Selama keahadiran TikTok Shop di tengah masyarakat Indonesia, hal positif yang terjadi adalah banyak orang bisa memiliki kesempatan untuk menggunakan platform ini untuk berjualan walaupun tidak memiliki lapak fisik


Jika hanya karena keluhan segelintir orang yang ada di Jakarta yang merasa jualan di lapak fisiknya sepi pelanggan, maka pemerintah seharus mencari solusi untuk mereka yang ada di Jakarta saja tanpa mengorbankan seluruh pengguna di Indonesia.


Teknologi terus berkembang dan manusia yang harus menyesuaikan bagaimana menggunakan teknologi untuk memudahkan hidupnya. Sehingga penjual atau pemilik lapak fisik yang merasa keahdiran TikTok Shop menjadi penyebab jualan sepi, maka inilah kesempatan untuk mengupgrade skil berjualan secara online sebagai tanggapan atas kehadiran perkembangan teknologi.


Pemerintah mengingatkan TikTok dengan layanan e-commernya untuk segera memperbaharui izin operasinya di Indonesia, bagaimana dengan Instagram Shopping, Toko Facebook dan Whatsapp Bisnis yang juga menerapkan fitur toko di platform utamanya masing-masing? Apakah semua platform ini memiliki izin yang sesuai dengan pengoperasianya?.


Dengan berhentinya layanan TikTok Shop di Indonesia nanti, banyak sekali masyarakat yang merasakan dampak buruknya terutama mereka yang tidak memiliki lapak fisik namun memiliki penghasilan dari berjualan secara online menggunakan platform ini.


Sesuai pantauan yang kami lakukan sejak munculnya kabar bahwa TikTok akan tutup, banyak sekali anak-anak muda dan mahasiswa yang sedih karena menggantungkan hidupnya dengan berjualan secara online melalui TikTok Shop.


Banyak orang berharap pemerintah bisa mencari solusi yang lebih tepat agar TikTok tetap beroperasi di Indonesia sehingga tidak mengorbankan pengguna yang sudah menggantungkan hidupnya dengan berjualan di platform ini. Jika tidak, akan menjadi Warning bagi platform lain yang memiliki layanan yang sama dengan Tiktok atau startup asing yang berencana investasi di Indonesia.

Cerita Sedih dan Terharu Dari Pengguna TikTok Shop

TikTok Shop Segera Tutup di Indonesia
Klik pada gambar untuk lihat video

Pengguna ini mengungkapkan kesedihannya bahkan mention Presiden Jokowi dalam video yang diunggah terkait kabar bahwa TikTok Shop akan ditutup. Ia menceritakan bagaimana ia mulai dari nol dan akhirnya platform ini membuatnya berkembang dalam usahanya.

×
Berita Terbaru Update